Kelompok Tani “Ringintunggal Tani Berkah”



kelompok tani ringintunggal berkah

Cerita Singkat Ringintunggal Tani Berkah

Kelompok Tani ini berlokasi di Desa Ringintunggal Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro dengan fokus keanggotaan petani pemilik lahan atau penggarap lahan di kawasan Desa Ringintunggal serta pemuda-pemudi yang memiliki semangat membangun desa.

Prinsip utama kelompok tani “Ringintunggal Tani Berkah” yakni keterbukaan, partisipatif, keswadayaan, kesetaraan, kerjasama, bekerja keras, dan berinovasi bersama.

kelompok tani di desa ringintunggal


Harapan utama dengan dibentuknya kelompok tani ini adalah dapat memberdayakan petani beserta keluarganya, meningkatkan produktivitas, meningkatkan kesejahteraan, dan menciptakan produk unggul terbaru.

Semua harapan yang besar tersebut pelan-pelan diwujudkan dengan berbagai kegiatan seperti memfasilitasi atau memberikan pelayanan kepada anggota dalam urusan usaha tani agribisnis. 

Kemudian memfungsikan kelompok tani sebagai kelas belajar, wahana kerjasama, unit produksi, pengadaan/penyaluran sarana produksi, pelayanan informasi teknologi pertanian, pembuatan benih tanaman, dan seterusnya.

Hak dan Kewajiban Anggota Kelompok Tani


Keanggotaan kelompok tani “Ringintunggal Tani Berkah” bersifat bebas, tidak mengikat, dan tidak ada paksaan sama sekali.

Karena setiap petani dibebaskan untuk mendaftarkan dirinya kepada pengurus dan akan dicatat dalam buku daftar anggota kelompok.

ringintunggal tani berkah kelompok tani


Semua anggota yang terdaftar berhak memperoleh semua pelayanan dari kelompok dan apabila dalam musyawarah kelompok berhak mengutarakan pendapat serta pertanyaan.

Namun apabila sudah mendaftarkan dirinya, anggota wajib mengikuti pertemuan kelompok sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Selain itu, wajib memenuhi administrasi keuangan dengan membayar simpanan yang ditetapkan oleh kelompok. Terakhir, wajib melaksanakan kegiatan yang sudah dijadwalkan dan disepakati bersama.

Petani dan Inovasi


Dengan adanya wadah berupa kelompok tani ini, diharapkan semua unsur masyarakat dapat berkembang baik yang memiliki lahan maupun tidak.

Karena pada dasarnya kegiatan dari kelompok tani sendiri tidak hanya menyoal tentang sawah dan padi.

pengembangan kelompok tani di desa ringintunggal


Pengembangan ekonomi berupa budidaya dibidang lainnya terus dikembangkan. Sehingga tambahan uang/nafkah bisa didapatkan walaupun bukan penggarap sawah.

Untuk kelompok tani “Ringintunggal Tani Berkah” sendiri sedang mengembangkan Kelompok Bibit Rakyat (KBR), Budidaya Ikan Lele, Budidaya Jamur Tiram, Pengadaan Pupuk Pertanian, dan seterusnya.

kebun bibit rakyat ringintunggal tani berkah
Kebun Bibit Rakyat (KBR)

budidaya jamur tiram ringintunggal tani berkah
Budidaya Jamur Tiram

budidaya ikan lele ringintunggal tani berkah
Budidaya Ikan Lele


Hal-hal tersebut apabila dilaksanakan dan sukses, akan banyak sekali tenaga kerja yang terserap, akan banyak sekali rumah tangga yang terbantu, dan akan banyak ekonomi bangkit.

Mari bersama bergandengan tangan, bahu membahu untuk mewujudkan semua itu. Bukan soal siapa yang mendapatkan manfaat lebih banyak. Tapi lebih kepada seberapa banyak manfaat yang bisa kita bagikan.

Terima Kasih, Salam Perubahan!

No comments:

Post a Comment